Senin, 30 Mei 2016

Melihat FISIP

logo fisip unija sumenep
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan salah satu fakultas yang cukup populer disebagian besar Perguruan Tinggi di Indonesia baik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Fakultas ini yang termaktub dalam cabang ilmu sosial dengan berbagai program studi yang ada didalamnya. Belajar ilmu sosial di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tentu memiliki tingkat kesulitan tersendiri bagi setiap individu mahasiswa, tak luput pula di lingkungan FISIP Universitas Wiraraja Sumenep.

FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Wiraraja Sumenep yang dulunya bernama FIA (Fakultas Ilmu Administrasi) membawahi satu fokus program studi administrasi negara strata-1. Seperti halnya fakultas-fakultas lain di Universitas Wiraraja Sumenep, FISIP memiliki visi, misi, dan tujuan yang demi menciptakan cendekiawan madura dalam fokus satu keilmuan yang matang dan tentunya berlandaskan nilai keagamaan.

VISI:

Terwujudnya program studi bersemangat ilmiah, memiliki kemampuan akademik profesional dengan berbasis penelitian, pengabdian kepada masyarakat, menghasilkan lulusan administrator publik yang mandiri, berkualitas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.

MISI:

Misi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik:
  1. Mendidik mahasiswa Administrasi Negara yang mandiri, berkapasitas, dan peka terhadap perubahan sistem administrasi negara dan kebijakan publik;
  2. Mendidik mahasiswa guna menghasilkan lulusan yang profesional, bermoral, berintegritas, peka terhadap permasalahan publik serta memiliki kompetensi akademik;
  3. Mendorong perbaikan kualitas  pembelajaran Ilmu Administrasi Negara  dan kapasitas staf pengajar akademik yang profesional;
  4. Memberikan kontribusi terhadap perkembangan Administrasi Negara, terutama melalui penelitian dan pelayanan kepada masyarakat secara berkualitas dan profesional dengan memanfaatkan iptek;
  5. Memperluas jaringan kerja sama dalam rangka menjadikan program ilmu Ilmu Administrasi Negara bagi kepentingan dan kemajuan bersama.

TUJUAN:

  1. Mampu menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kualitas pendidikan tinggi serta dapat bersaing dalam merebut peluang pasar kerja dan peningkatan kemampuan teknis serta karier dilingkungan kerjanya.
  2. Mampu menghasilkan karya penelitian yang berbobot sebagai sumbangsih kepada pemerintah dan masyarakat dalam bidang kebijakan publik.
  3. Relevansi Jurusan Administrasi Negara sesuai kebutuhan masyarakat agar dapat membantu pemerintah dalam gerak pembangunan dan mempersiapkan kader-kader pembangunan.
  4. Mampu mengembangkan jaringan kerja sama kemitraan dengan lembaga pemerintah, BUMN/BUMD maupun swasta, menuju pembangunan masyarakat yang demokratis, adil dan makmur sejalan dengan kebijakan nasional.
Mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Wiraraja Sumenep dituntut untuk lebih memperbanyak membaca dalam rangka menambah pengetahuan, berkreatif menulis, mengutarakan pendapat, dan sebagainya. Kompleksnya bidang keilmuan ini mendorong mahasiswa untuk terus berkembang dan berkarya. Dosen-dosen pengampu sering mengingatkan kita akan bahwa dunia nyata atau kehidupan pasca sarjana tidak hanya memandang nilai akademik semata melainkan lebih mengutamakan apa yang dinamakan softskill.

Softskill mahasiswa FISIP tentu berbeda dengan dengan mahasiswa teknik terapan. Segala bidang keahlian kita harus linier dengan apa yang ditelah kita pelajari di dalam bangku perkuliahan. Kemampuan akademik yang mumpuni ditambah keahlian yang matang seperti ahli komputerisasi, kreatif menulis, kepemimpinan, dan sebagainya akan mampu mengibarkan tinggi-tinggi bendera FISIP bahwa FISIP juga mampu berprestasi. Segala hal tersebut akan lebih bermakna dan berkualitas dengan cakapnya etika dan moralitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar